Nyok!! Kite ke Anjungan DKI


Anjungan DKI Tampak Depan

DIORAMA LANTAI 1


Pada Gedung Pusat Informasi Anjungan DKI Jakarta di Taman Mini Indonesia Indah, lantai 1 diisi dengan berbagai informasi berkenaan dengan kota Jakarta dan masyarakat Betawi. Pada pintu masuk, pengunjung akan disambut dengan foto-foto para tokoh yang menjadi bagian dari perkembangan bersejarah kota Jakarta. Terdapat pula interior dan ragam hias dari arsitektur tradisional kota DKI Jakarta.

Patung M.H Thamrin

Selain itu, juga ditunjukan diorama kapal-kapal Eropa yang pertama kali singgah di Sunda Kelapa. Di dalam kotak kaca, terdapat pakaian adat tradisional dari masyarakat Betawi. Terdapat beberapa jenis pakaian adat yang ditunjukan, dari busana sehari-hari, formal, sampai ke busana pengantin masyarakat Betawi. Masih dilantai yang sama, terdapat juga boneka yang menggambarkan beberapa upacara dan ritual tradisional DKI Jakarta.
Pakaian Adat Betawi

DIORAMA LANTAI 2

Lantai dua dari diorama menampilkan perjalanan perkembangan kota Jakarta dalam bentuk miniatur. Dengan jelas, ditunjukan secara mendetail beserta keterangan pendukung tentang Jakarta semenjak zaman Hindia Belanda hingga modern.

Tak lupa, terdapat juga peta tampak langit yang terperinci menjelaskan wajah kota Jakarta dari langit kepada masyarakat. Bioskop mini juga terdapat di lantai dua diorama gedung pusat informasi Anjungan DKI Jakarta ini.

RUMAH BETAWI JOGLO

Rumah joglo adalah salah satu bentuk rumah adat Betawi. Dengan atap yang terinspirasi dengan bangunan rumah tradisional Jawa, rumah ini telah lama menjadi suatu identitas kultural dan akulturasi dari masyarakat Betawi.

Rumah adat DKI Jakarta yang terpampang dengan megah sebagai bagian dari Anjungan DKI Jakarta Jakarta di TMII ini memiliki bentuk yang masih otentik mengikuti bentuk asli rumah joglo yang masih ditempati masyarakat Betawi di DKI Jakarta. Pada bagian depan rumah joglo, terdapat ruangan penerimaan tamu yang seringkali disebut dengan nama paseban, Di ruangan depan ini, terdapat hiasan berupa lampu minyak, tanduk rusa, serta seperangkat kursi guna menerima tamu.
Interior rumah joglo ini memiliki ornamen dan hiasan dinding terletak antara ruang depan dan ruangan bagian dalam. Semua hiasan di rumah Betawi ini adalah bukti nyata dari bentuk akulturasi berbagai budaya yang mewarnai pembentukan kebudayaan masyarakat Betawi pada umumnya.

Pada bagian dalam rumah Betawi, terdapat juga ruangan yang menjadi ruang tempat bernaungnya anggota keluarga perempuan. Ruangan ini sendiri letaknya bersebelahan dengan ruang rias. Bagian belakang dari interior rumah joglo adalah dapur. Pada bagian dapur ini terdapat penyimpanan tempayan dan beras. Juga ada meja tapang tempat meletakkan perlengkapan minum dan kendi-kendi.

Seru kan ? Makanya Nyok ah kite ke Anjungan DKI .. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Tradisional Khas Betawi

Profil Anjungan DKI Jakarta